Apa Itu Single-Board Computer? Dan Fungsinya?

 

Pernah mendengar Raspberry Pi dan Lattepanda? Kedua kata yang disebutkan barusan adalah contoh brand dari sistem komputer satu papan (single board computer) atau disebut juga sistem komputer sirkuit tunggal (single board sircuit). Apa sih itu single board computer? Apa saja fungsinya? Dan kenapa banyak orang yang menggunakannya? Dan apa bedanya dengan arduino?

Let's find out!

1. Apa itu single-board computer?

Struktur Raspberry by SimplyciTech
Struktur Single-Board Computer

Single-board computer adalah sebuah sistem komputer yang mirip seperti komputer pada umumnya. Ada processor, ram, catu daya, port i/o, dan komponen komputer normal lainnya. 

Yang membuat single-board computer ini beda adalah ukurannya yang jauh lebih kecil ketimbang komputer pada umumnya. Bahkan ada yang sampai muat di saku!

Tetapi karena ukurannya yang kecil, maka single board computer hanya bisa menggunakan kartu micro sd sebagai storage/memori. Untuk struktur lebih detailnya bisa dilihat pada gambar di atas ya.

2. Kegunaannya.

Karena ukurannya yang kecil, komponen - komponen seperti ram, processor dan lainnya sudah disolder dari sananya. Jadi tidak bisa dilepas, sehingga mungkin tidak cocok jika dijadikan sebagai sistem komputer utama, karena tidak dapat dikustomisasi dengan mudah. Apalagi komputer mini ini menggunakan processor arm yang memang tidak ditujukan untuk menyaingi laptop ataupun desktop pc.

Terus fungsinya apa? 

Dengan adanya processor berbasis arm yang terkenal cocok untuk kegiatan mobile (karena tidak panas dan hemat daya :D), maka single-board computer sangat cocok untuk berbagai kegiatan seperti server, akses point, komputer (kan memang itu namanya), multimedia player, dan bahkan vpn!

Tetapi dikarenakan menggunakan komponen yang ringan dan kecil, single board computer ini tidak direkomendasikan bagi kamu yang ingin menggunakannya sebagai komputer desktop utama. 

3. Harga


Karena menggunakan mesin yang tidak se-powerfull pc, maka harganya tentu dapat ditekan hingga jauh lebih murah. Rasberrry pi 4 dengan kapasitas ram sebesar 4 GB misalnya, di beberapa e commerce dijual seharga 800 ribuan saja.

Masih kemahalan? Ada juga Raspberry Pi Zero yang dijual seharga 200 ribu lebih. Fungsinya kurang lebih sama, tetapi tentu saja ada perbedaan dari segi spesifikasi.

Kalau mau yang lebih bertenaga, terdapat pula LattePanda yang pada umumnya dijual seharga 2 jutaan. Tentu harga - harga barusan masih jauh lebih murah ketimbang membeli sebuah pc.

4.Apa bedanya dengan arduino?

Setelah membaca penjelasan di atas mungkin kamu akan berpikir, apa ya bedanya dengan arduino? Ukurannya kan sama, sama -sama ada menggunakan prosesor pula?

Arduino itu adalah sebuah mikrokontroler. Arduino juga merupakan sebuah embedded system. Itu artinya arduino dapat melakukan satu hingga beberapa fungsi khusus secara real - time. Tetapi arduino hanya bisa melakukan tugas yang spesifik saja. Sehingga arduino tidak dapat menjalankan sebuah Operating System (OS).

Sedangkan single board computer adalah sebuah komputer yang mirip dengan komputer pada umumnya. Komponen yang digunakan juga sejenis. Dan bahkan bisa menjalankan OS dengan lancar. 

Raspberry Pi misalnya, single board computer yang satu ini dapat memiliki sistem operasi tersendiri yang bernama Raspbian OS (bisa download disini). Mau Windows? Tenang aja, Lattepanda sudah mampu menjalankan Windows 10 dengan lancar. Karena Lattepanda sudah didukung oleh komponen - komponen yang lebih baik (yang pasti ram nya lebih banyak :V).

Kira - kira itulah hal - hal mendasar mengenai single board computer. Ayo di share supaya pengetahuan ini dijangkau oleh banyak orang. Kalau ada kritik dan saran, please tell us!




Komentar