Apa Saja Komponen Komputer? Yuk Cari Tahu!


2020 adalah tahun yang penuh kejutan. Mulai dari pandemi, sekolah dan kerja di rumah, dan yang terakhir, akhirnya kita membutuhkan sebuah pc. Banyak orang yang membutuhkan pc untuk bekerja, belajar, atau hanya sekadar untuk bermain game. 

Sehingga banyak teman - teman (mungkin kamu juga) yang mulai berencana untuk merakit sebuah pc. Bagi teman - teman yang kurang paham mungkin bingung, komponen apa saja yang sebaiknya dibeli untuk merakit pc. 

Let's find out!

1. Processor 

Ilustrasi processor by SimplyciTech

Inilah 'otak' dibalik komputer kamu. Karena processor bertugas mengatur kerja sama antar komponen seperti storage, memori, dan lainnya. Processor memiliki inti (core) dan thread. Semakin banyak core dan thread pada processor, maka semakin baik pula lah kinerjanya. Brand processor pc yang terkenal adalah intel dan AMD. Setiap processor menggunakan socket, yakni bagian kuningan processor yang terhubung ke motherboard. Socket yang ada di motherboard dan di processor haruslah sama. Karena kalau tidak, komputer tidak akan berfungsi.

2. Motherboard

Motherboard PC

Motherboard berarti papan induk. Sesuai namanya, motherboard bertugas untuk menghubungkan semua komponen seperti power supply, ram, vga, expantion card, port, dan lainnya. Untuk melakukan pengujian terhadap  semua komponen tersebut, motherboard menggunakan BIOS (Basic Input Output System). Papan sirkuit ini memiliki beberapa jenis ukuran seperti ATX, EATX, mATX, dan mini ATX. 

3. Ram

Ilustrasi RAM by SimplyciTech

Ini dia yang kamu tunggu, RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Fungsinya untuk menyimpan memori secara sementara. Maksudnya? Jadi begini, setiap aplikasi dan program yang kamu gunakan, datanya di simpan secara sementara di RAM. Data pada RAM pada umumnya disimpan secara acak dan lebih mudah diakses. Sehingga semakin besar RAM, semakin bagus pula pengalaman multitasking yang akan kamu dapatkan.


4. Storage

Ilustrasi SSD by SimplyciTech

Storage adalah komponen yang sangat penting. Karena disanalah tempat yang akan menampung data seperti OS, file kerja, data pribadi, dan lainnya. Sehingga ketika merakit pc, kamu sebaiknya memilih media penyimpanan yang bagus dan dapat diandalkan. Pada saat ini ada dua jenis storage yang paling umum digunakan, yakni Harddisk (HDD) dan Solid-State Dirive (SSD).

5. Monitor

Ilustrasi Bezel-less monitor by SimplyciTech

Perangkat outout yang paling penting, Monitor. Tanpanya kamu tidak akan bisa menggunakan pc dengan normal. Monitor menggunakan panel yang terbagi menjadi panel TN, panel VA, dan panel IPS. Masing - masing panel memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. 

6. Graphic Processing Unit (GPU)

Ilustrasi RTX 2080Ti by SimplyciTech

GPU, komponen yang sangat diminati oleh para pc enthusiast. GPU merupakan sebuah unit pemrosesan grafis tersendiri. Meski memiliki cara kerja yang mirip CPU (bahkan disebut sebagai co-processor), GPU hanyalah terfokus kepada pemrosesan grafis. Sehingga GPU dapat membantu CPU dalam melakukan tugasnya. GPU memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas grafis yang ditampilkan.

GPU terbagi menjadi dua macam, yakni Dedicated GPU dan Intregrated GPU (iGPU). Dedicated GPU memiliki RAM, dan komponen penunjang lainnyya. Sehingga Jenis GPU yang satu ini sangat membantu mengurangi beban tugas merender grafis yang dikerjakan CPU.

Adapun Integrated GPU, adalah GPU yang ada pada processor. Sehingga dedicated GPU tidak wajib dimiliki oleh setiap komputer. Dengan catatan processor komputer tersebut sudah memiliki iGPU. Namun, karena sudah menjadi bagian dari processor, iGPU memakan RAM dan sumber daya yang seharusnya dapat dimaksimalkan untuk digunakan oleh CPU saja.

7. Power Supply (PSU)

Power Supply

Apa jadinya pc kamu tanpa power supply? Tepat sekali, komputer kamu tidak akan bisa digunakan. Karena power supply bertugas menyuplai aliran daya listrik ke motherboard yang kemudian diteruskan ke komponen - komponen lainnya. Sehingga jika arus listrik yang masuk tidak stabil, dapat menyebabkan kerusakan fatal terhadap komponen lainnya.

Karena perannya yang sangat penting, maka kamu harus memilih power supply yang bagus. Power supply yang terpercaya biasanya sudah memiliki sertifikasi 80+. Memang harganya sedikit lebih mahal, tetapi psu 80+ dapat menjadi investasi jangka panjang karena stabil dan tahan lama.


8. Peripheral 


Setelah pc kamu jadi, tentunya kamu ingin segera menggunakannya. Yang pasti kamu akan membutuhkan peripheral (perangkat input dan output) wajib seperti keyboard dan mouse untuk memberikan input ke komputer. Bagi yang suka desain mungkin akan menggunakan pen tablet dan stylus. Kalau di masa - masa wfh ini kebanyakan orang juga mulai memasukkan webcam, speaker dan microfon ke dalam daftar peripheral wajib mereka.

Itulah beberapa komponen pc yang wajib kamu ketahui. Jika kamu suka dan terbantu dengan artikel ini, ayo di share supaya teman - teman yang lain mendapatkan pengetahuan yang kamu dapatkan. Kalau ada kritik dan saran, please tell us!

Credits :

- Ilustrasi : SimplyciTech
- Foto Power Supply : Pixabay.com/IgorShubin
- Foto Motherboard : Pixabay.com/WikimediaImages


Komentar