Apa saja yang Harus Dilakukan Setelah Install Windows 10?

Windows Desktop

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya Windows. Sistem operasi ciptaan Bill Gates ini sangatlah mendunia. Bahkan menurut statcounter, Windows sudah digunakan oleh 73.21% (November 2020) pengguna desktop di seluruh dunia. 

statcounter OS Market Share

Apalagi kini sistem operasi Windows terbaru, yakni Windows 10 sudah tersedia secara gratis. Dan pastinya kamu tertarik atau bahkan sudah menginstall Windows 10. Tapi tidak semudah itu, kamu juga harus melakukan beberapa dibawah ini agar Windows 10 dapat berjalan optimal. Apakah itu?

Let's find out!

1. Menginstall update 

 
Windows Update

Sesudah instalasi, kamu harus melakukan update agar tidak ada masalah dalam penggunaan kedepannya. Caranya sangat gampang, buka Setting>Update & Security lalu cek dan install update, lalu restart PC nya. 

2. Instalasi driver 


Nvidia Driver Downloads

Beberapa komponen komputer seperti GPU card dan lainnya memerlukan instalasi driver agar mendapatkan perorma maksimal. Untuk menginstall driver, kunjungi situs pembuat perangkat. Misalnya jika kamu menggunakan GPU card AMD, kamu bisa mendapatkan driver nya disini, dan pengguna Nvidia dapat mendownload drivernya disini.

3. Menambahkan software tambahan


Microsoft Stores

Salah satu keunggulan windows ketimbang Operating System lainnya adalah kelengkapan aplikasi. Tentu kamu juga membutuhkan aplikasi seperti Office, photo editor, 3d animation, dan lainnya. Beragam aplikasi tersebut dapat kamu install melalui Microsoft Store ataupun situs resmi dari aplikasi tersebut, yang penting jangan pakai aplikasi bajakan ya.

4. Install browser piihan (opsional)


Secara default, kamu akan mendapatkan Microsoft Edge sebagai browser bawaan kamu. Tap tenang aja, bagi kamu yang udah jadi fans berat nya Chrome, Firefox, ataupun Opera, karena browser - browser tersaebut dapat diinstal serta dijadikan pilihan browser default di Windows 10.

5. Melakukan kustomisasi



Bagi kamu yang tidak suka tampilan windows secara default, kamu bisa 'mengutak - atik' tema bawaan windows. Hanya dengan mengunjungi setting Themes untuk mengubah wallpaper, warna, taskbar, dan lainnya. 

6. Backup data 


Setelah berhasil menginstall aplikasi, driver, kustomisasi, dan lainnya, kamu wajib untuk melakukan backup. Hal ini dalam rangka berjaga - jaga dari kerusakan yang terjadi pada Windows atau bahkan hard drive. Sehingga data penting kamu dapat tersimpan dengan aman.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan pasca instalasi Windows. Kalau kamu berpendapat "Wah, ada yang kurang nih." Silahkan berikan komentar dan sarannya. Have a nice day!

Komentar