Apple Resmi Luncurkan SoC M1 Untuk Gantikan Intel : Sehebat Apa?

Apple M1 by SimplyciTech

Apple resmi meluncurkan Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac Mini dalam Apple Event yang diadakan pada 10 November waktu setempat. Tapi ada yang spesial nih, karena Apple akhirnya mengambil langkah nyata untuk menggantikan processor intel pada PC keluaran mereka dengan Apple Silicon M1

Kira - kira sehebat apa sih chipset barunya Apple sampai bisa menggantikan processor dari intel? Perangkat apa saja yang mendapatkannya?

Let's find out!

1. Sebuah chipset, bukan hanya processor


M1 Chipset by SimplyciTech

Pada generasi sebelumnya, macbook memiliki banyak chipset. CPU, memory, I/O chip, Apple T2, dan Thunderbolt Controller adalah contohnya. Dengan chipset yang sebanyak itu, sudah pasti akan memakan banyak tempat. 

Disinilah keunggulan M1 yang mampu menyatukan semua chipset tersebut menjadi sebuah SoC. Sehinga macbook dapat menjadi lebih simple tanpa mengorbankan performa. Makin mirip iPhone dan iPad ya.


2. Performa


Apple M1 Cores by SimplyciTech

Biasanya, performa itu berbanding lurus dengan ukuran. Semakin kencang sebuah processor, maka semakin besar pula ukurannya. Tapi, apakah hal tersebut juga berlaku pada Apple M1?

Tidak juga. Meski ukurannya terbilang kecil, Apple M1 tetap memiliki core CPU yang sangat kencang. M1 memiliki 8 core, 4 high-performance cores dan 4 high-efficiency cores. 4 high-efficiency cores saja sudah memiliki performa yang setara dengan dual-core macbook air dengan daya yang jauh lebih rendah. Apple M1 8 core adalah CPU terkencang yang pernah dibuat oleh Apple (pada 2020).

3. Sangat efisien


M1 Performance by SimplyciTech

Apple mengklaim bahwa M1 adalah CPU dengan performa per watt terbaik di dunia. Bahkan Apple sampai menyertakan grafik perbandingannya seperti pada gambar di atas.

Bagaimana tidak efisien? Apple M1 adalah chip PC pertama yang sudah menggunakan fabrikasi 5 nanometer. Artinya semakin banyak transistor yang dapat dimasukkan ke dalam processor. Semakin banyak transistor, maka semakin kencang processor nya.

Kalau transistor sebegitu pentingnya, memangnya ada berapa di chip M1? Ada 16 juta transistor. Sebagai contoh, intel generasi ke 7 (i7-7700K) hanya memiliki 2.16 juta transistor. Sangat sedikit ketimbang Apple M1. Padahal kamu sudah tahu bagaimana performa i7 gen 7 kan?

4. Tersedia di...


Untuk saat ini, chipset berbasis arm dari Apple sudah tersedia di Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac Mini. Rencananya Apple akan melakukan transisi dari intel ke arm dalam waktu 2 tahun. Jadi, bagi kamu yang ingin iMac berbasis arm hanya perlu menunggu waktu launchingnya (yang pasti kalau ada budgetnya :D).

Untuk harganya Macbook Pro dibandrol seharga 1.299 dollar (sekitar 18 jutaan), Macbook Air dengan harga 999 dollar (14 jutaan), serta Mac Mini di kisaran harga 699 dollar (9,8 jutaan).

Bagaimana pendapatmu? Tertarik untuk upgrade? Silahkan tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya.

Credits :

- Screenshots : Youtube.com/Apple

Komentar