Cara Menjalankan Aplikasi Windows di Linux

Mungkin kamu yang ingin berpindah sepenuhnya ke sistem operasi linux pernah merasakan dilema seperti ini. Mau OS yang kencang dan bebas dikustomisasi (yaitu linux), tapi tetap mau menjalankan aplikasi - aplikasi yang ada di Windows (seperti Microsoft Office, Adobe, Rufus, dan aplikasi lainnya).

Memang secara 'natural' OS Linux manapun jarang yang dapat menjalankan aplikasi Windows khususnya dalam bentuk .exe. Tapi ternyata ada sebuah cara yang mudah dan efektif untuk menjalankan berbagai aplikasi .exe di sistem operasi linux manapun. Cara apakah itu?

Let's find out!

1. Menginstall 'Wine'


Bukan, bukan "wine" yang itu, wine yang satu ini adalah aplikasi untuk menjalankan .exe di sistem linux. Untuk menginstall wine kamu hanya perlu mengetikkan sudo apt-get install wine di terminal seperti pada gambar dibawah ini.

Terminal
Buka aplikasi "Terminal"


Terminal
Ketikkan perintah sudo apt-get install wine, lalu tekan enter


2. Menggunakan aplikasi .exe 


Setelah menginstall wine, kita dapat langsung menjalankan menjalankan aplikasi yang telah kita download. Yang harus kita lakukan adalah :

Files Elementary OS
Temukan aplikasi .exe yang ingin kamu gunakan, lalu klik kanan dan klik "Open in Terminal"


Terminal Wine
Ketikkan wine <nama-aplikasi.exe>, lalu tekan enter

Rufus on lInux

Selamat! Kamu sudah dapat menjalankan aplikasi .exe dengan lancar. Terbantu dengan tips ini? Ayo share dan berikan pengalaman kamu selama menggunakan linux di kolom komentar, have a nice day!

Komentar