QnA : Kenapa Tablet Masih Punya Bezel?

Kenapa tablet masih punya bezel?

Di zaman yang sudah canggih seperti sekarang, hampir semua gadget baik itu smartphone, laptop, wearable, dan bahkan tv bahkan sudah bezel-less. Di saat smartphone sudah memiliki kamera dibawah layar, bezel nya tablet masih segitu - segitu saja (hanya ada sedikit pengurangan).

Hal itu tentu membuat kita bertanya - tanya :

"Kenapa tablet (baik dari Samsung, Apple, Huawei, ataupun brand lainnya) masih menggunakan bezel?"

"Apa sih susahnya menghilangkan sedikit bezel yang tersisa seperti smartphone kebanyakan?"

Meski dengan hilangnya bezel akan semakin menambah kesan futuristik dari sebuah tablet, ternyata kehadirannya memiliki alasan tersendiri. 

Let's find out!

Yap. brand manapun itu, yang pasti mereka hanya mengeluarkan produk yang dibutuhkan oleh pasar. Pada umumnya orang menggunakan tablet untuk, menggambar, membaca, menulis, dan menonton film karena layarnya yang besar.

Layar yang besar ternyata memiliki kekurangan tersendiri, yaitu sulit untuk digenggam menggunakan satu tangan. Oleh karena itu tablet dioperasikan dengan menggunakan kedua tangan. 

Contoh penggunaan tablet

Disinilah perannya bezel, bezel bertugas untuk memberikan ruang bagi tangan. Bezel juga bertugas untuk memberikan tempat bagi front-facing camera (sebut saja kamera depan, gitu aja kok repot? :D) dan komponen - komponen penting lainnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai fungsi dari bezel yang terdapat pada sebuah tablet. Artikel ini adalah sebuah rintisan dari QnA Series. Jika ada pertanyaan seputar teknologi, silahkan tanyakan lewat kolom komentar.







Komentar