Preview : iPad 8

Preview iPad 8

Kemarin - kemarin iPad 8 baru saja keluar, September lalu tepatnya. Tablet teranyar dari Apple ini mendapatkan beberapa upgrade yang signifikan ketimbang iPad generasi sebelumnya. 


Apa itu? SoC A12 Bionic. SoC ini performanya sudah jauh lebih baik ketimbang SoC A10 yang digunakan pada iPad 7. Artinya? Jika iPad 7 dan iPad 6 saja masih layak untuk di 2020, tentu iPad 8 ini lebih baik untuk digunakan di 2020. Tapi worth it gak sih

Let's find out!

1. Harga

Harga iPad 8

Ya, harga murah itu pasti jadi incaran kamu, khususnya pelajar. Karena banyak juga dari para pelajar yang memiliki budget yang terbatas, tapi butuh gadget yang bisa membantu kegiatan pembelajaran. Dan tenang aja, iPad ini 'murah'.

Memang jika kita melihat sekilas, diatas kertas iPad ini akan terasa mahal. Karena iPad ini masih menggunakan RAM sebesar 3 GB, dan kita juga harus membeli Apple Pencil secara terpisah. 

Tablet ini dijual di kisaran 5 jutaan untuk penyimpaan sebesar 32 GB dan 7 jutaan untuk 128 GB. Mahal? Mungkin ada benarnya, tapi sebenarnya iPad ini tetaplah 'murah'. Kenapa? Alasannya ada di bawah.

2. Desain

Desain iPad 8

Sepertinya iPad 8 ini masih menggunakan desain yang itu - itu saja. Jadi bagi kamu yang suka menggunakan touch id bisa bernafas lega. Bezelnya pun juga masih sama dengan iPad 7. Tidak ada perubahan penampilan signifikan pada iPad 8, tapi kalau performanya?

3.Performa

Performa iPad 8

Kalau di android, RAM 3 GB itu memanglah kecil, apalagi untuk di 2020. Tapi inilah pembeda antara tablet android dengan iPad, iPadOS. Betul, mau kapasitas RAM nya besar atau kecil, kegiatan apapun itu tetap dapat dijalankan dengan lancar di iPad. 

Kok bisa? Karena sistem operasi iPadOS itu 'diracik' sendiri oleh Apple, sebagian besar komponennya dibuat langsung oleh Apple, dan aplikasi yang ada di App Store itu sudah disetujui oleh Apple. Jadi, koordinasi hardware dan software nya dapat jauh lebih baik ketimbang OS lain. 

Nggak percaya? Pengalaman menggambar di iPad 8 (layarnya 60 Hz) dengan iPad Pro (dengan layar 120 Hz) itu kurang lebih sama, sama - sama minim lag. Sensasi menggambar di kedua tablet tersebut sudah mirip dengan menggambar di kertas (dari segi kelancaran). Tentunya cocok bagi pelajar yang suka mencatat di tablet.

Jangan lupa juga, iPad 8 sudah menggunakan chipset A12 Bionic. Chipset yang sama juga digunakan pada iPhone X Series. Jadi kira - kira sebagus itulah performanya.

4.Aplikasi

Ikon - ikon aplikasi
Aplikasi

Pada umumnya, pengguna App Store itu tidak masalah dengan aplikasi berbayar yang tersedia (sebaliknya dengan mayoritas pengguna OS sebelah). Hal ini tentu membuat para developer aplikasi mendapatkan pendapatan yang lebih banyak di App Store ketimbang di Play Store.

Karena itulah, kebanyakan developer lebih fokus mengembangkan aplikasi yang terbaik di iOS. Contohnya adalah ProCreate, aplikasi menggambar populer satu ini hanya tersedia di App Store.

Tidak hanya aplikasi desain saja yang bagus, aplikasi catatan juga. Salah satunya adalah Noteshelf. Meski aplikasi untuk mencatat ini juga tersedia di android, Noteshelf terlihat lebih fokus di iOS. 

Intinya untuk di iPad 8 ini aplikasi berjalan normal dan bahkan lebih baik dari iPad generasi sebelumnya.

5. Kualitas layar

Tampilan depan iPad 8
Apple iPad 8

SoC udah mantap, aplikasi berjalan lancar, tapi kalau layarnya burik, sia - sia kan? Untungnya iPad 8 tidak seperti itu. Dengan layar retina IPS 10.2 inch yang beresolusi 1620 x 2160, kualitas layar iPad 8 tidak usah dipertanyakan, walaupun masih memiliki sedikit gap/ruang kecil diantara layar dan touchscreen nya.

6. Apple Pencil

Apple Pencil Gen 1

Inilah salah satu aksesoris terpenting bagi pengguna iPad. Pada iPad 8, masih sama dengan generasi sebelumnya, masih support Apple Pencil Gen 1. Tetapi Apple Pencil 1 tidak banyak berbeda dengan generasi ke 2, hanya cara mengisi daya nya saja yang beda (serta sedikit perbedaan desain), dan dari segi penggunaan kurang lebih sama saja.

Kembali lagi ke pertanyaan awal, apakah worth it? Jika budget kamu cukup dan belum memiliki iPad, maka iPad ini sangat worth it. Baik itu buat mencatat, menggambar, desain, editing, multimedia, dan kegiatan lainnya. Kenapa? Karena iPad 8 sudah menggunakan Soc A12 Bionic, sisanya kurang lebih sama dengan iPad 7.

So, kalau kamu sudah memiliki iPad 7 atau iPad 6, masih bisa bertahan dengan iPad yang sudah kamu miliki. 
Ini 

Credits :

- Ilustrasi : SimplyciTech
- Foto iPad : Apple.com
 

Komentar

Posting Komentar